Rabu, 22 April 2015

RESENSI BUKU SHUT UP MOVE ON



RESUME BUKU
JUDUL BUKU      : SUMO ( Shut Up Move On )
Penulis                   : Paul Mc Gee
Penerbit                 : PT Bhuana Ilmu Populer – Gramedia
Th. Terbit               : Jakarta, Maret 2008
SUMO mempunyai 6 prinsip
1. Bertanggung jawablah dengan hidup Anda
2. Bertanggung jawablah dengan pemikiran Anda
3. Pahami bagaimana kemunduran memengaruhi Anda dan bagaimana agar pulih dari kemunduran    
     tersebut
4. Tingkatkan pemahaman dan kesadaran mengenai dunia orang lain
5. Perubahan datang bersama tindakan, bukan dengan niat
6. Menciptakan dan menikmati kehidupan yang hebat
Pendahuluan
Saya menghabiskan waktu 13 tahun di sekolah, saya telah belajar banyak hal, namun saya tidak pernah belajar tentang bagaimana memahami diri sendiri dan orang lain. Saya diajari berdiri ketika guru masuk kelas, menyerahkan PR tepat waktu jika tidak ingin disetrap, tetapi saya tidak pernah diajari bagaimana menentukan tujuan, mengelola emosi, atau bagaimana menangani konflik.
Menurut pendapat saya , sekolah mempersiapkan saya untuk menghadapi ujian. Sekolah tidak mempersiapkan saya untuk menghadapi kehidupan.Belajar dari pengalaman, saya mempelajari bahwa orang – orang pada dasarnya sama. Mereka  memiliki harapan,impian, dan tantangan yang sama. Mereka ingin bahagia, memperbaiki kehidupan, dan menciptakan masa depan yang lebih baik.Tentu saja ada beberapa perbedaan, tetapi bila kita menggali lebih dalam lagi, kita akan menemukan kesamaan yg akan membuat kita takjub.
Bab 1
Sebagian besar dari yang kita kerjakan dalam hidup, kita lakukan tanpa memikirkannya secara sadar.Saat kita berpakaian, mengenakan sepatu, apakah kita mempertimbangkan pro dan kontra mengenai sepatu mana yang harus dipakai lebih dulu ? bila tidak, maka kemungkinan kita memiliki sebuah konsep “ sindrom auto-pilot”.
Langkah awal dalam proses SUMO adalah memastikan diri kita menyisihkan waktu, mematikan sindrom auto-pilot dan beralihlah pada kesadaran diri,  secara jujur menilai bagaimana kita menjalani hidup sejauh ini, berhentilah menyalahkan orang lain dan terimalah tanggung jawab pribadi. Satu-satunya faktor terbesar yang menentukan keberadaan kita sejauh ini adalah diri kita sendiri.
Bila kita ingin tahu siapa yang paling bertanggung jawab terhadap keberadaan kita sejauh ini dalam hidup, pandanglah dalam cermin. Inilah tantangannya. Kita hidup di dalam iklim dan budaya di mana pandangan seperti ini tak selalu didukung. Apakah kita merasa nyaman ketika harus berdiri dan berkata “ Saya bertanggung jawab penuh terhadap hidup saya ?”
Bila hidup tidak sesuai dengan yang mereka inginkan, artinya mereka  memainkan kartu SOL ( Salahkan Orang Lain). Empat alasan mengapa kita dapat tergoda untuk memainkan kartu SOL :
1. Anda merasa tidak punya pilihan lain
2. Penghargaan diri dan citra diri yang rendah.
3. Sudah menjadi kebiasaan
4. Sebenarnya mereka menikmati
Mengambil tanggung jawab pribadi akan membebaskan anda dari kebiasaan menyalahkan orang lain, mengeluh, dan merasa tidak puas.
Pilihan yang anda ambil adalah sesuatu yang sangat penting. Apa yang anda lakukan akan memengaruhi siapa diri anda dan nasib anda kemudian.
Jangan biarkan diri Anda melewatkan kesempatan sehingga Anda menyesal dan mengalami stagnasi. Penuhilah potensi Anda, gunakan bakat, dan berkembanglah sebagai seorang individu.
Ketika Anda merasa korban dari orang lain, Anda menjadi penumpang dalam hidup Anda sendiri serta membiarkan situasi dan orang lain menentukan arah hidup Anda. Beberapa orang sangat menyadari hak-hak mereka, tetapi tidak terlalu menyadari tanggung jawab mereka. Berhentilah menjadi penumpang, jadilah sopir dan tentukan jalan hidup Anda.
Orang yang mampu melanjutkan hidupnya, memiliki keyakinan : Saya tidak selalu bertanggung jawab terhadap apa yang terjadi kepada saya, tetapi saya bertanggung jawab dalam memilih cara untuk menanggapinya.Bahkan bila Anda adalah korban yang sesungguhnya, pada akhirnya Anda harus belajar bagaimana agar mampu bertahan.
Berhentilah berharap bahwa hidup Anda akan menjadi lebih baik, tetapi berusahalah mewujudkan keinginan Anda.
Bab 2
Proses TEAR
Thinking( pemikiran) – Emotions ( perasaan) – Actions (tindakan)—Result (hasil)
Orang yang terpenting yang selalu Anda ajak bicara adalah diri Anda sendiri.
William James, salah satu perintis psikologi modern berkata, Anda dapat mengubah hidup Anda dengan mengubah sikap Anda. Ketika Anda berpikir secara berbeda, perasaan Anda akan berbeda, Anda akan bertindak secara berbeda, dan pada akhirnya mencapai hasil yang berbeda. Memikirkan bagaimana kita berpikir adalah salah satu cara yang penting karena kita dapat lebih mengontrol hidup kita.
Empat  faktor yang memengaruhi pemikiran anda
1. Latar Belakang
   Pesan terpenting yang Anda terima ketika beranjak dewasa adalah hal yang sangat berpengaruh tentang bagaimana Anda memandang diri sendiri. Pesan yang menegaskan siapa diri Anda akan membantu Anda mengembangkan identitas pribadi yang sehat, sedangkan pesan yang mengingatkan bahwa Anda tidak cukup baik dan merupakan sosok yang gagal akan membentuk Anda dengan penghargaan diri yang rendah. Karena itu berhati-hatilah dengan apa yang Anda katakan kepada anak-anak.Bila mereka sering mendengarnya, mereka akan mulai memercayainya.
2. Pengalaman
3. Teman-teman
Berhati-hatilah dengan orang – orang yang senang menghabiskan waktunya dengan berkeluh kesah. Seseorang yang suka membesar-besarkan masalah dan selalu menemukan hal-hal negatif dalam setiap situasi, tidak akan membantu kita untuk berpikir secara positif.
4.Media
Pemaparan terus menerus dari media, secara perlahan akan  memengaruhi cara pandang Anda dalam hidup
Faktor-faktor tsb membentuk hidup kita, entah kita sadari atau tidak. Kuncinya adalah kesadaran diri.
BAB 3
 Pahami bagaimana kemunduran memengaruhi Anda dan bagaimana agar pulih dari kemunduran tersebut. Ketika kemunduran terjadi, dan itu tidak terelakkan, ingatlah bahwa Anda boleh merenungkan kesedihan yang Anda alami. Jangan menyangkal rasa frustasi atau kekecewaan yang Anda derita. Ingatlah, orang-oranmg yang berhasil tidak selalu menerima keberhasilan. Ini adalah perjalan dalam hidup Anda-bukan tujuan. Berhati-hatilah dengan orang – orang yang menemani Anda disaat Anda mengalami kemunduran dan ingatlah untukterus maju.
BAB 4
 Tingkatkan pemahaman dan kesadaran mengenai dunia orang lain           .
Ketahuilah bahwa perjalan hidup Anda akan lebih kaya ketika Anda membantu orang lain. Ingatkan diri andasendiri bahwa memahami pandangan orang lain terhadap suatu masalah akan memperkuat kualitas hubungan anda dengan orang lain. Jangan lupa bahwa hidup ini  bukan hanya memenuhi kebutuhan anda, tetapi juga membantu orang lainmemenuhi kebutuhan mereka . Jangan remehkan pentingnya mendengarkan dan usaha untuk memahami orang lain.

BAB 5
Perubahan datang bersama tindakan, bukan dengan niat
Ide-ide yang hebat, tujuan-tujuan hebat, dan niat-niat hebat tidak akan bermakna apa-apa tanpa tindakan yang hebat. Orang – orang yang mencapai keberhasilan dalam hidup mereka bukan hanya karena mereka bertanggung jawab pada pemkiran mereka, tetapi karena pemikiran mereka mendorong mereka untuk bertindak. Hidup menghargai tndakan yang cerdas, bukan niat yang cerdas. Menunda – nunda adalah kebiasaaan buruk yang dapat menyabotase keberhasilan dan kebahagiaan Anda. Karena iu segera lakukan sesuatu.

 BAB 6
 Menciptakan dan menikmati kehidupan yang hebat.
Bagaimana masa depan Anda terlihat, sangat tergantung pada kemauan anda.Perluas definisi anda mengenai keberhasilan dan ketahuilah bahwa masa depan yang lebih menjanjikan sedang menanti anda ketika anda memfokuskan perhatian anda.





Tidak ada komentar:

Posting Komentar